Saweria Melalui IDN Foundation Menyalurkan Donasi Buku untuk Saung Baca IDN Foundation Tangerang

Tangerang, 2 Februari 2024 –  Pendidikan dianggap sebagai kunci utama untuk mencapai kemajuan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam Indonesia Millennial and Gen Z Report 2024 menunjukkan bahwa pendidikan esensialnya mencakup sebesar 90% pengembangan critical thinking, 86% peningkatan pengetahuan, dan 86% pembentukan moral dan empati bagi sesama. Data ini menyiratkan bahwa ketiga keterampilan tersebut menjadi aspek kunci, terutama dalam konteks masyarakat dengan usia produktif.

Lebih lanjut, penting untuk diakui bahwa kemampuan tersebut dapat diasah melalui berbagai metode pembelajaran, termasuk literasi buku. Dengan demikian, literasi buku bukan hanya menjadi sarana pembelajaran, namun menjadi pintu gerbang dalam membuka potensi pengembangan masyarakat. Oleh karena itu, penekanan pada literasi buku menjadi investasi strategis dalam menciptakan individu dan masyarakat yang lebih berkualitas.

IDN Media, melalui IDN Foundation, telah memperkenalkan wadah inisiatif yang disebut Saung Baca. Program ini menjadi sarana pendidikan bagi anak-anak berusia 4-18 tahun yang mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan. Saung Baca IDN Foundation telah beroperasi di Tangerang dan Jakarta Barat, dengan fokus dalam tanggung jawab sosial di bidang pendidikan dan kemanusiaan. Dalam menjalankan programnya, rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah mendonasikan buku dan menyelenggarakan sesi Belajar Bareng Timmy (sebutan bagi karyawan IDN Media) yang melibatkan kegiatan berbagi ilmu pendidikan  melalui menggambar dan mendongeng.


Seiring dengan visi Saung Baca, IDN Foundation menjalin kemitraan dengan Saweria dalam acara Makasi 2023, bertujuan untuk menggalang dana dari para streamer loyal Saweria. Saweria, sebagai bagian integral dari ekosistem IDN Media, merupakan platform monetisasi live streaming terbesar di Indonesia. Selain memfasilitasi interaksi antara para content creator dengan penggemar mereka, Saweria juga memberikan kesempatan kepada para kreator untuk menerima dukungan langsung dari komunitas mereka. Setiap tahun, Saweria menyelenggarakan acara kumpul bersama para content creator yang dikenal sebagai MAKASI, dengan tujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antar content creator dan bertukar pengalaman serta pengetahuan mengenai dunia gaming dan streaming.

Total dana yang terkumpul dalam acara tersebut mencapai Rp9.716.253,00. Dana hasil donasi ini secara khusus dialokasikan untuk pengembangan pendidikan, termasuk penyediaan buku-buku dan renovasi Saung Baca IDN Foundation di Tangerang.

Kania Aisha Pasaman, Head of Communications dari IDN Media, menyatakan, “Di IDN Media, kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Tentunya, program kolaborasi dengan Saweria melalui acara Makasi 2023 ini dapat menjadi langkah awal untuk memberikan peluang belajar yang lebih baik lagi bagi anak-anak naungan Saung Baca dengan menciptakan masa depan yang lebih cerah.”

Rangkaian acara ini tidak hanya sekadar penggalangan dana, tetapi juga merupakan upaya untuk membangun fondasi yang kuat bagi anak-anak di bawah naungan Saung Baca IDN Foundation. Dengan menyumbangkan buku-buku berkualitas, masyarakat dapat turut serta membentuk generasi yang cerdas dan berpengetahuan luas. Jenis buku yang disalurkan pun beragam, seperti buku anak, ensiklopedia/kamus, komik, novel, dongeng, cerita rakyat, dan buku edukasi lainnya.

Johnson Leonardi, perwakilan Saweria.co, menyatakan bahwa program donasi buku di Saung Baca IDN Foundation merupakan langkah yang positif dalam menyediakan sumber daya pendidikan yang bermanfaat. “Dalam program Makasi 2023, kami mengajak para streamer untuk turut serta sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendukung penyebaran informasi melalui buku.” Johnson juga menambahkan, “Para streamer merasa bangga menjadi bagian dari program ini dan sangat senang bahwa kegiatan yang merupakan hobi dan juga sumber penghasilan bagi mereka dapat menjadi berkah bagi banyak orang lainnya.”

Dalam semangat kolaborasi dan perubahan positif, IDN Foundation dan Saweria.co mengajak semua pihak untuk menjadi pelaku perubahan. Dukungan para streamers melalui donasi akan menjadi langkah nyata menuju perubahan yang berkelanjutan di bidang pendidikan

Back To Top