26.5 C
Jakarta
Saturday, September 25, 2021

Buy now

Bijak dan Beradab di Dunia Maya dengan Literasi Digital

warnaplus.com-Sebanyak 710 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” ilaksanakan secara virtual di Morowali, Sulawesi Tengah pada 10 September 2021. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun program kali ini mengusung tema “Menjadi Pengguna Internet yang Beradab”.

Empat narasumber yang hadir kali ini adalah Fauzi Lamboka dari LKBN Antara; pemengaruh (influencer), Cika Meluwu; pegiat literasi pendidikan, Masdinar; dan pegiat literasi digital, Mursyid Kambayang. Tampil sebagai moderator adalah jurnalis, Shinta Ardan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden. 

Pemateri pertama adalah Fauzi yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Informasi, Identitas dan Jejak Digital di Media Sosial”. Menurut dia, pengguna internet harus mampu menyaring informasi yang benar dan melindungi identitas data pribadinya. Ingatlah untuk selalu positif berinternet karena segala aktivitas kita terekam abadi dalam jejak digital. Rekam jejak ini bisa berdampak pada kehidupan nyata kita.

Berikutnya, Cika menyampaikan materi etika digital berjudul “Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial”. Ia mengatakan, bebas berekspresi di media sosial harus diiringi dengan kesadaran bahwa kita menerapkan etika yang baik di dunia maya. “Penerapan tata krama digital ini akan berpengaruh pada reputasi kita di masa kini maupun masa depan,” ujarnya.

Sebagai pemateri ketiga, Masdinar membawakan tema budaya digital tentang “Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar di Dunia Digital”. Menurut dia, bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu karena mampu memudahkan komunikasi antar masyarakat pemilik beragam bahasa daerah. Penggunaan bahasa yang baik dan benar mampu menghindari kesalahpahaman, konflik, dan citra diri yang negatif. “Bahasa yang sempurna menunjukkan budaya yang tinggi dari bangsa pengguna bahasa tersebut,” ungkapnya.

Adapun Mursyid, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digital mengenai “Yuk Pahami Fitur Keamanan di Berbagai Aplikasi Media Sosial”. Ia mengatakan, agar aman saat bermedia sosial, perkuat dan ganti kata sandi secara rutin serta jaga kerahasiaannya. Jangan lupa perbarui fitur keamanan, gunakan aplikasi resmi, dan logout usai menggunakan aplikasi.

Sesi berikutnya adalah tanya jawab yang dipandu oleh moderator, Shinta Ardan. Banyak pertanyaan yang diajukan peserta kepada para narasumber. Salah satunya adalah tentang konten seperti apa yang penting untuk kita kirim atau unggah di sosial media. Narasumber menjelaskan bahwa terapkanlah kontrol diri, hindari mengunggah hal-hal sensitif dan pribadi ke publik. Bagikan informasi atau pengalaman pribadi yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Dalam webinar di Morowali ini, panitia memberikan uang elektronik masing-masing sebesar Rp100.000 kepada 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (if)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,042FansLike
2,957FollowersFollow
18,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles