26.4 C
Jakarta
Sunday, June 13, 2021

Buy now

spot_img

Apical Bersama Bupati Bogor Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Tradisional

 

warnaplus.com-Menyambut hari jadi Bogor ke-539, Apical Group, salah satu eksportir minyak kelapa sawit berkelanjutan kembali mendukung Pemerintah Kabupaten Bogor melalui kegiatan "Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal" yang dibuka langsung oleh Bupati Bogor, Ade Yasin, yang diselenggarakan di Kebun Raya Cibinong, Kamis, 27 Mei 2021.

Apical Group, yang merupakan bagian dari group RGE Group turut mendukung Pemerintah Daerah dalam mempromosikan kuliner tradisional diwujudkan melalui  penciptaan resep  kuliner sehat dan inovatif berbasis kelapa sawit berkelanjutan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal seperti ubi, bengkuang, dan talas.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Bupati Bogor, Ade Yasin, bahwa salah satu strategi untuk mengajak generasi muda untuk mencintai kuliner tradisional yaitu dengan menghadirkan kuliner tradisional dengan inovasi dan olahan modern untuk mendukung komunitas pangan lokal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

“Menjaga eksistensi kuliner tradisional  serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing akan memberi dampak positif bagi
masyarakat. Pengenalan makanan tradisional kepada generasi muda juga penting untuk memperkuat identitas budaya lokal” tambah Ade Yasin.

Fajar Marhaendra, Senior Manager IDEAS Apical mengatakan bahwa Apical telah menyiapkan enam resep kuliner tradisional khas Kabupaten Bogor.
“Kami telah menciptakan enam resep berbahan dasar pangan lokal Bogor yang telah kami olah sehingga lebih modern dengan memberi nilai tambahan namun dengan cita rasa khas Bogor yang tidak hilang. Resep-resep tersebut kami namakan chiffon ubi, pia kelereng, puff pastry bengkuang, puff pastry soto mie Bogor, roti ombak ubi, dan mendut Cibinong yang juga kami tampilkan secara langsung dalam demo masak” jelas Fajar.

Pada pembuatan resep kuliner khas Kabupaten Bogor tersebut, Apical menggunakan bahan-bahan seperti margarin dan minyak goreng yang berbasis kelapa sawit berkelanjutan.

Dalam menciptakan enam resep kuliner tradisional khas Kabupaten Bogor tersebut, Apical menggunakan bahan sehat untuk dikonsumsi karena Apical
sangat peduli dengan keinginan konsumen terhadap produk pangan yang sehat. “Dalam minyak sawit terdapat keseimbangan antara lemak jenuh dan lemak tidak jenuh, bebas kolesterol, dan mengandung asam lemak  esensial.
Keunggulan lain dari minyak sawit untuk mengolah makanan yaitu dapat membuat tekstur yang halus dan lembut sehingga enak dirasakan di dalam mulut,” kata Fajar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor ini dihadiri oleh 150 orang dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Pada kegiatan “Gerakan Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal” ini juga menghadirkan Chef Chandra Yudaswara, demo masak dari Apical, stand UKM dengan aneka produk pangan tradisional khas Kota dan Kabupaten Bogor, serta berbagai kegiatan hiburan menarik lainnya. (Ifer)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,042FansLike
2,811FollowersFollow
17,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles