29.7 C
Jakarta
Wednesday, May 12, 2021

Buy now

spot_img

“Menjaga bumi dan mencintai bumi”, pesan dari bumi pertiwi yang patut kita ikuti.

warnaplus.com – Kami mewujudkannya dalam bentuk mengolah kain dengan cara Ecoprint. Paduan kain rayon viscose yang terjalin dari serat alami dari kayu eucaplytus dan acacia, menyatu dengan langkah olah kain Ecoprint.

Ecoprint, yaitu olah kain menggunakan kain serat alami sebagai media, dengan kayu-kayuan, akar, daun, buah sebagai pewarna alami. Motif akan tercipta dari warna dan bentuk alami dari daun, batang, bunga, getah juga bagian tumbuhan lainnya.

Hadir dalam rangkaian koleksi kami, kayu secang sebagai pewarna alaminya dan dipilih 1 macam daun dalam 1 tampilan busana.  10 macam daun yang kami gunakan adalah daun Lanang, Kiara Payung, Jarak Wulung, Jarak Hijau, Cemara, Truja, Ipomea, Sirsak dan jarak kepyar.

Pemilihan kayu secang, terinpirasi pada kondisi pandemi, dimana secang adalah bahan alami yang biasa digunakan sebagai minuman kesehatan dan banyak dikonsumsi dalam wedang uwuh dan wedang secang. Sebagai pewarna alami, pohon secang banyak tumbuh di Indonesia dan tidak termasuk pohon langka, hingga ketersediannya begitu melempah. Warna alami yang dihasilkan oleh kayu secang juga adalah satu pewarna yang menjadi kesukaan banyak orang.

Desain feminin, lambaian keindahan dan kelembutan dari kain viscose rayon menjadikan sentuhan utama pada koleksi yang kami tampilkan. Tiap sentuhan motif dari daun yang kami gunakan, memiliki karakter yang berbeda-beda dan melekat kuat pada kain serat alami ini.

This slideshow requires JavaScript.

Dilengkapi dengan konsep zero waste dalam teknik pembuatan obi dan asesoris pendukung, dengan memanfaatkan sisa-sisa kain dari proses penjahitan baju, menjadi produk baru lagi.

Ecoprint adalah salah satu solusi kita dalam menjaga bumi. Tanpa pewarna sintetis yang limbahnya terasa cukup berat untuk diterima oleh lingkungan dan ekosistem didalamnya.

Gerakan menanam yang kerap digaungkan oleh para ecoprinter saat ini, walaupun dalam area tanam yang sempit beraneka macam pohon telah ditanam di lingkungan rumah masing-masing serta beberapa area kebun dan hutan ecoprint mulai kami rintis.

Setiap langkah kecil kita dalam menjaga bumi, adalah hal besar yang bisa menyelamatkan bumi.

Suistainable fashion, ecoprint fashion by INEN Signature bersama Asia Pacific Rayon. (Icho)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,915FansLike
2,762FollowersFollow
14,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles