Telkomsel Pamerkan Solusi IOT di Pesta Otomotif Terbesar Indonesia

Perkembangan teknologi tengah terjadi dalam skala global dalam kecepatan yang sangat cepat sehingga mengantarkan kita kepadarevolusi digital di era industri 4.0. Tren ini berpengaruh besar terhadap  kehidupan, baik itu aktifitas individu dalam melakukan kesehariannya hingga kelangsungan perusahaan dalam melaksanakan operasional bisnisnya, teknologi mekanik ataupun analogpun mulai tergantikan manfaatnya dengan teknologi digital yang beroperasi dengan mengandalkan konektivitasatau tersedianya jaringan internet.

This slideshow requires JavaScript.

Sebagai operator seluler terbesar di Indonesia dengan dukungan jaringan seluler yang tersebar di penjuru Indonesia, termasuk layanan broadband 3G dan 4G yang berkualitas, Telkomsel hadir sebagai salah satu pemain utama yang menghadirkan konektivitas bagi semua lapisan masyarakat. Terlebih sekarang ini Telkomseltenah bertransformasi menjadi digital telco company, sehingga dengan dukungan jaringan selulernya, Telkomsel pun hadir dalam berbagai solusi dan layanan digital inovatifyang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, baik itu individu maupun perusahaan di lintas industri.

Untuk membuktikan kapabilitasnya sebagai penyedia layanan dan  solusi digital yang terpercaya bagi segmen pasar yang beragam, tahun ini Telkomsel melangkah lebih jauh melalui kolaborasi dengan IIMS. Dengan semangat #TerusBergerakMaju, Telkomsel hadir di gelaran pesta otomotif Indonesia International Motor Show sebagai titling sponsor dan mengawali momentum kolaborasi antara industri otomotif dengan industri teknologi dan informasi di Indonesia.

Seperti yang diutarakan oleh Vice President Brand and Communications Telkomsel Nirwan Lesmana, bahwa sebagai digital telco company, kolaborasi dengan IIMS membuktikan bahwa produk dan layanan digital Telkomselsudah menyentuh berbagai lintas industri, termasuk otomotif. “Melalui Telkomsel IIMS 2019, Telkomsel yakin bahwa para konsumen dan pelaku di industri otomotif akan merasakan manfaat dari inovasi digital Telkomsel yang semakin memudahkan kehidupan.”

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo juga mengungkapkan bahwa dengan dukungan inovasi digital yang dihadirkan oleh Telkomsel, IIMS juga ingin membuktikan bahwa industri otomotif juga turut serta beradaptasi terhadap perubahan jaman dan dapat berperan aktif dalam perkembangan Industri 4.0 di Indonesia.

Layanan IoT Hadir di Telkomsel IIMS 2019 sebagai Solusi Bagi Industri Otomotif

Telkomsel hadir di gelaran IIMS dengan membawa berbagai layanan Internet of Things (IoT), sebagai layanan unggulannya. Teknologi Internet of Things (IoT) merupakan solusi digital yang tepat guna dan dapat membuka peluang yang besar untuk menyokong pertumbuhan bisnis perusahaan, karena terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitasdalam proses kerja.

Salah satu layanan IoT Telkomsel yang hadir sebagai solusi otomotif adalah “Telkomsel FleetSight”. Telkomsel FleetSight merupakan solusi end-to-end untuk pengelolaan armada kendaraan atau fleet management yang dapat meningkatkan keamanan, efisiensi dan produktifitas armada perusahaan.

FleetSight juga memberikan data yang lengkap mengenai lokasi kendaraan, kecepatan, rute, kebiasaan mengemudi, konsumsi bahan bakar, hingga temperatur kendaraan yang memungkinkan untuk monitor armada secara real-time. Data inilah yang kemudian di proses untuk menghasilkan insight bermanfaat dalam peningkatan keselamatan, pengurangan biaya dan peningkatan inventori.

 

Layanan IoT lain yang menjadi jagoan Telkomsel adalah solusi untuk fuel management, yaitu layanan “IOT Tank Monitoring Solution(INTANK)”. Bahan bakar (fuel) telah menjadi komoditas utama yang sangat menentukan proses bisnis berbagai perusahaan.

Untuk itulah layanan IoT Telkomsel berinovasi dan menghadirkan INTANK untuk mengatasi berbagai permasalahan fuel management tersebut. Solusi IoT industrri end-to-end ini berfungsi untuk memonitor tangki dari jarak jauh (remotetank monitoring) yang memungkinkan pemantauan investaris dan konsumsi bahan bakar secara intensif kapanpun, dari manapun.

Telkomsel pun menghadirkan layanan IoT Telkomsel Order Management System (TOMS) yang berguna sebagai solusi pengelolaan pesanan dan pengiriman (orders & deliveries) perusahaan. Lalu lintas pengiriman barang merupakan hal yang dapat menjadi kekacauan apabila dikelola dengan kurang baik, sehingga TOMS hadir merampingkan lalu lintas operasional barang-barang dengan mensentralisasi pengaturan barang yang mencakup pengiriman aset operasional, alokasi dan penjadwalan pekerjaan/pengiriman/penunjukan hingga keterlibatan dengan konsumen yang semuanya dapat dilakukan di saat yang bersamaan.

 

About Author: R Indra Rezky Kencana Dewa

Gravatar Image
MICE & Lifestyle Portal Contact: +628979799878 [WA] ; +628118115567 [Call] Advertising: =6287889015567 [Text] Email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *