Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya & Malam Seni dan Budaya Finalis Puteri Indonesia 2020

by -31 views

Jakarta – Dalam rangka membangkitkan rasa cinta tanah pada produk dalam negeri maka Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu bekerja sama dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya menyelenggarakan pagelaran Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya, peragaan National Costume bersama 39 finalis Puteri Indonesia 2020 dan dilanjutkan dengan Malam Seni dan Budaya yang diadakan di Gandaria City, Jakarta, Sabtu 29 Februari 2020 kemarin.

Fashion Show ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan karantina Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang dimulai sejak 26 Februari lalu. Dalam fashion show ini, 39 finalis menggunakan jumpsuit dan cocktail dress yang telah dipersiapkan mereka sendiri. Mereka juga tampil cantik memukau berkat make up and hair do dari Beauty Queen Series by Mustika Ratu.

Dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya Puteri Indonesia 2020 turut hadir; Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Kusuma Ida Anjani, Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie, Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana dan acara dipandu oleh Puteri Indonesia intelegensia II 2019, Anastasia Praditha dan Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2019, Karina Syahna.

Acara diawali oleh sambutan dari Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, dilanjutkan dengan Fashion Show sequence 1 sekaligus Perkenalan 39 Finalis Puteri Indonesia 2020. Selanjutnya, Mustika Ratu juga memperkenalkan logo terbaru dari Beauty Queen Series, kampanye #MRLovingyou bersama Top 3 Puteri Indonesia 2019 dan 39 finalis Puteri Indonesia 2020. Acara selanjutnya adalah Fashion Show sequence 2, dimana seluruh finalis memakai busana Evening Gown hasil karya designer lokal daerah masing-masing dan penutup adalah pengumuman untuk Busana Evening Gwon terbaik.

Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan dari Gandaria City, desainer lokal dari masing-masing daerah, sepatu didukung oleh Noche dan yang tak kalah penting adalah make up para finalis dipersembahkan oleh Mustika Ratu Beauty Queen Series.

“Fashion Show ini merupakan bagian kerja sama antara Kadin Budang Industri Berbasis Budaya bersama dengan Yayasan Puteri Indonesia. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini semakin menumbuhkan rasa cinta akan produk dalam negeri dan mendorong kreativitas untuk memperkuat kebhinekaan bangsa,” ungkap Putri.

Selain itu acara Fashion Show ini juga menjadi kesempatan bagi 39 finalis Puteri Indonesia 2020 untuk memperkenalkan diri mereka di hadapan para undangan dan pengunjung Gandaria City dan yang istimewa di acara Fashion Show kali ini yakni Mustika Ratu berkesempatan meluncurkan logo terbaru dari beauty Queen Series, kampanye #Loveyourself serta #MRLovingyou.

Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia menjadi identitas bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik karena dapat hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya. Keberagaman budaya inilah yang ingin ditampilkan oleh 39 finalis Puteri Indonesia 2020 sebagai salah satu rangkaian karantina Puteri Indonesia 2020 dalam acara Malam Seni dan Budaya, dimana para finalis Puteri Indonesia 2020 yang mewakili provinsi Indonesia dari Sabang sampai Merauke akan unjuk bakat berkolaborasi dengan promosi seni dan budaya dari daerahnya masing-masing.

Mengambil lokasi di Gandaria City Jakarta para finalis Puteri Indonesia 2020 tampil menunjukkan keahlian di bidang seni budaya masing-masing provinsi dan akan memperebutkan salah satu gelar Puteri Indonesia Atribut yaitu Puteri Indonesia Berbakat 2020. Acara yang di pandu oleh Puteri Indonesia Intelegensia II 2019, Anastasia Praditha dan Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2019, Karina Syahna ini akan melewati proses penjurian yang menghasilkan nominasi pemenang tiga besar Puteri Indonesia Berbakat, selanjutnya akan dipilih satu orang dari mereka sebagai Puteri Indonesia Berbakat 2020 yang akan diumumkan pada malam puncak Puteri Indonesia 2020 di Plennary Hall, Jakarta Convention Center, 6 Maret 2020 mendatang.

Penilaian dilakukan oleh para professional yang ahli dalam bidangnya masing-masing, antara lain Putri Kus Wisnu Wardani selaku Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Kusumadewi Sutanto selaku Ketua Bidang Organisasi Yayasan Puteri Indonesia, Mega Angkasa selaku Senior Corporate Communication Yayasan Puteri Indonesia, Triawan Munaf selaku Komisaris Utama Garuda Indonesia, Kusuma Ida Anjani selaku Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Sonia Fergina Citra selaku Puteri Indonesia 2018 dan juga dihadiri oleh Frederika Alexis Cull selaku Puteri Indonesia 2019 & Miss Universe Indonesia 2019, Jolene Marie Rotinsulu selaku Puteri Indonesia Lingkungan 2019 & Miss International Indonesia 2019, Jesica Fitriana Martasari selaku Puteri Indonesia Pariwisata 2019 & Miss Supranational Indonesia 2019.

Beberapa bakat yang ditampilkan seperti menyanyi, menari, story telling, pencak silat, bermain biola, bermain keyboard, acting, musikalisasi puisi, silat Betawi, bahkan ada shadow boxing dan draping on mannequin.

Penasehat Utama Yayasan Puteir Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa, “Ajang unjuk bakat ini adalah selain untuk menanamkan kecintaan remaja Indonesia terhadap budaya bangsa yang beragam, juga untuk melestarikan nilai-nilai luhur dari seni dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Selain itu dari segi pariwisata dapat dikembangkan kesenian tradisional yang berbassis budaya baik di tingkat nasional maupun internasional.”

Selain tampil menunjukkan kemampuan talentanya masing-masing, di ujung acara para finalis akan menunjukkan busana tradisional kostum modifikasi yang telah mereka siapkan dari daerahnya untuk ditentukan oleh juri siapa yang berhasil masuk ke dalam 3 Nominasi Puteri Indonesia Berbakat dan 3 Nominasi Puteri Busana Daerah di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020 dan pengumuman Pemenang Puteri Busana Dearah Terbaik dan Puteri Indonesia Berbakat 2020 akan diumumkan pada malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, hari Jumat tanggal 6 Maret 2020.

About Author: R Indra Rezky Kencana Dewa

MICE & Lifestyle Portal Contact: +628979799878 [WA] ; +628118115567 [Call] Advertising: =6287889015567 [Text] Email: warnaplus@gmail.com