Pengurus Besar lkatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Good Doctor Technology Indonesia Luncurkan lnisiatif Proaktif Dalam Antisipasi COVlD-19 melalui Penerapan Panduan Konsultasi Kesehatan Daring

by

Penyusunan dan penerapan panduan konsultasl kesehatan daring untuk COVID-19 membantu mitra dokter Good Doctor dalam menangani tanya jawab dengan para pengguna layanannya. Materi edukasi yang konsisten dan terstruktur juga akan diberikan mitra dokter sebagai bagian dari kampanye PHBS. Inisiatif bersama PB IDI ini diluncurkan sebagai wujud kontribusi Good Doctor untuk Indonesia.

Kampanye Edukatif Preventif COVlD-19 dan PHBS didukung penuh oleh Grab dengan berbagai akiivitas seperti penyebaran materi yang disusun PB IDI dan Good Doctor kepada para mitra pengemudi dan pelanggan setia Grab, pembagian masker untuk mitra pengemudi, serta kampanye hidup sehat, yang secara keseluruhan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia.

Jakarta, 13 Februari 2020 “warnaplus.com” –  Sehubungan dengan merebaknya wabah COVID-19. Pengurus Besar lkatan Dokter Indonesia (PB IDI) telah menyerukan upaya kesapsiagaan dalam membantu pemerintah menghadapi potensi penyebaran COV|D-19 beberapa waktu lalu. Sebagai salah satu bentuk nyata upaya tetsebut. maka bersama Good Doctor Technobgy Indonesia (Good Doctor). sebuah platform online lekmed terpadu. PB IDI dan Good Doctor hari ini resmi mengumumkan inisiatif proaktif yang akan diterapkan dengan memanfaatkan platform online Good Doctor yang dapat diakses melalui layanan GrabHealth yang menjangkau masyarakat Indonesia.

 

dr. Daeng M Faqih SH, MH, Ketua Umum lkatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, “Sejauh yang diketahu sampai saat ini, gejala COVID-19 pada awalnya tidak bisa dibedakan dengan gejala flu biasa dan bisa menular antarmnusia baik melalui batuk dan bersin, serta makanan yang tercenar air Iiur seseorang yang terinfeksi. PenuIaran juga bisa terjadi dari hewan ke manusia. Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter dan pemberian edukasi perilaku hidup bersih sehat (PHBS) sebagai antisipasi terhadap COVID-19 sudah sepatutnya menjadi ujung tombak preventif yang terus kami, tenaga kesehatan, dengungkan kepada masyarakat untuk lebih dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Amplifikasi menjadi penting dalam upaya kolektif ini, dan kami menyambut baik lnislatif dan komnmen Good Doctor sebagai penyedia layanan kesehatan online yang melayani berbagai tanya jawab dengan jutaan masyarakat lndonesna.

dr. Mhlatma Gunawan. Head of Medical Management of Good Doctor berkata, ‘Kami. Good Doctor. sebagai platform online kesehatan terpadu yang bermitra dengan Grab, terpanggil untuk berkontribusi aktif dalam upaya preventif terkait antisipasl COVlD-19, salah satunya dengan memastikan semua orang bisa mendapatkan informasi yang akurat,konsisten dan terstruktur langsung dari mitra doktor. Adapun panduan konsunasi daring COVID-19 ini kami susun dan rumuskan dengan mengadaptasi berbagai sumber seperti WHO dan Kemenkes agar mitra dokter kami dilengkapi dengan suatu standar tata Iaksana dalam menangani tanya jawab dari pengguna, terutama meneka yang memihki gejala flu umum, sehingga kami bisa lebih cepat menanganinya dengan memberikan petunjuk atau rekomendasi yang sesuai. Kami juga berharap dengan diterapkannya penduan konsultasi kesehatan daring COVID -19 ini dapat memberikan kenyaluhan lebih kepada para pengguna akan kualitas konsultasi dari mitra dokter kami. Tentunya kami berterima kasih karena inisiatif ini disambut baik dan di dukung penuh oleh jajaran IDI.”

Kolaborasi yang lebih balk, didukung aplikasi serba bisa terkemuka dl Asia Tenggara

lnisiatif Good Doctor dan PB IDI juga diperkuat dengan dukungan Grab, apllkasi serbabisa terkemuka di Asia Tenggara, yang sebelumnya telah bermitra dengan Good Doctor dalam menyediakan Iayanan GrabHealth. Untuk rnengantisipasi dan menangani risiko penyebaran

COVlD-19. Good Doctor menyiapkan konten edukasi untuk mitra pengemudi, mitra usaha GrabFood serta pelanggan setla Grab. Sesi informant oleh tim mitra dokler Good Doctor kepada mitra pengemudi Grab juga telah dilakukan di Grab Bike Lounge TB Simatupang untuk mendukung kampanye PHBS. Dukungan penuh ini dlkhususkan untuk terus menjaga kesehatan pelanggan setia, mitra pengemudi dan karyawan Grab.

Sejak adanya pengumuman COVlD-19 yang pertama di Asia, Grab telah melakukan pengawasan dan tindakan pencegahan sarta telah meningkatkan tingkat kesiapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia serta negara negara di mana Grab beroperasi.

Tirza Munusamy, Deputy Director of Public Affairs, Grab Indonesia mengatakan. “Kesehatan para pelanggan, mitra pengemudi dan karyawan Grab adalah prioritas utama kami dan kami senantiasa melakukan pengawasan terhadap perkembangan situasi kesehatan ini. Kami percaya dengan memberikan edukasi bagi para mitra pengemudi dan pelanggan setia Grab bersama-sama dengan barbagai pihak, penyebaran COVlD-19 di Indonesia dapat diminimalisasi, jika ada.”

Edukasi ini dllakukan melalui berbagai Jalur komunikasi yang dapat diakses langsung oleh mitra pengemudi dan para pelanggan seperti notifikasi di aplikasi, email serta media sosial maupun media massa. Selain itu, GrabHealth powered by Good Doctor juga memberikan lebih dari 5000 masker kepada mitra pengemudi secara merata di GrabBIke Lounge Daan Mogot, Kebayoran Lama dan TB Simatupang. Grab juga mengajak mitra pengemudi untuk memanfaatkan layanan kesehatan khususnya tanya jawab dokter di dalam GrabHealth powered by Good Doctor.

“Tldak hanya mitra pengemudi dan mitra usaha yang kami perhatikan, namun juga pengguna setia Grab akan mendapatkan edukasl yang sama untuk pencegahan penyebaran COVID19. Grab akan melakukan edukasi kepada para pelanggan setia Grab untuk terus menjalankan gaya hidup yang sehat guna meningkatkan imunitas tubuh mereka. Untuk mendukung inisiatlf ini, Grab melalui layanan GrabFood juga berkomitmen mendukung gaya hidup sehat melalui kampanye Bugar Mania yang akan memberikan pelanggan kemudahan akses terhadap beragam menu makanan sehat dan mitra merchant terpilih Kampanye ini ditujukan untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat lewat istirahat yang cukup. konsumsi makanan sehat, rutm berolahraga dan minum suplemen jika diperlukan.” tutup Tirza.

melengkapi layanan kesehatan Good Doctor, Layanan ini sudah dapat dlakses pengguna Grab  di Jabodetabek,  Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Manado. (Iko Muhyidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *