27 C
Jakarta
Saturday, May 15, 2021

Buy now

spot_img

Accor Lanjutkan Komitmen Dukung UMKM Melalui Kerja Sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Smesco IndonesiaAccor Lanjutkan Komitmen Dukung UMKM Melalui Kerja Sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Smesco Indonesia

Bandung, 3 April 2021″warnaplus.com” – Grup perhotelan Accor melanjutkan komitmennya dalam upaya mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui  kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Smesco Indonesia. Hal ini tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Smesco Indonesia tentang “Pembentukan Kerja Sama dalam Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi pada Bidang Jasa Perhotelan.”

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Senior Vice President Operations & Government Relations, Accor Indonesia & Malaysia, Adi Satria; dan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (Smesco Indonesia), Leonard Theosabrata. Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di ibis Bandung Trans Studio, Bandung, pada Sabtu (03/04).

CEO Accor Southeast Asia, Japan, South Korea Garth Simmons di lokasi terpisah menyampaikan merasa bangga dan terhormat  karena dapat melanjutkan komitmen grup  untuk terus mendukung Pemerintah Indonesia melalui upaya pengembangan pelaku UMKM  demi pemulihan ekonomi khususnya di masa-masa yang penuh tantangan ini serta turut mensukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. “Kami antusias untuk terlibat secara aktif mulai dari proses kurasi produk UMKM kemudian mempromosikan dan memanfaatkan produk-produk tersebut dimanapun hotel-hotel Accor berada di berbagai destinasi di Indonesia.”

“Saat ini Smesco Indonesia dan Accor telah melakukan kurasi bersama produk UMKM jenis kebutuhan resto, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home dekor, house hold serta minibar. Produk UMKM yang telah terseleksi ini akan mengisi kebutuhan hotel-hotel Accor yang berjumlah lebih dari 130 hotel di seluruh Indonesia.” Demikian Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata menjelaskan.

Lebih lanjut, latar belakang dipilihnya UMKM Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pilot project penyertaan UMKM masuk kedalam rantai pasok industri perhotelan nasional tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia, terdapat 15.000 UMKM Jawa Barat aktif terbesar dalam berbagai cluster produk.

Leonard Theosabrata menambahkan, produk UMKM juga diharapkan dapat berperan untuk hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia diantaranya : Jawa Timur dan Banten. Kurasi sudah akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk UMKM sudah bisa digunakan yang tentunya melalui kurasi bersama antara Smesco & Accor.

“Proses informasi kerjasama Smesco dan Accor melalui Dinas Koperasi & UKM di seluruh Indonesia yang penyebaran informasinya disosialisasikan melalui Medsos dan proses pendaftaran melalui link secara online. Hingga kini antusias UMKM  untuk berpartisipasi sangat bagus, terdaftar lebih dari 600 UMKM yang memiliki produk unggulan dibidang Industri Hotel. Demikian Leonard menegaskan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan terima kasih kepada Accor grup atas kerjasama, komitmen untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM di jaringan hotel Accor. “Saya kira kerja sama ini menjadi terasa istimewa di tengah pandemi covid karena UMKM banyak terpukul dari sisi permintaan, omzetnya banyak yang turun dan kemudian mereka punya masalah dengan pembiayaan.”

Teten melanjutkan  “Ke depan kita ingin akan semakin banyak produk UMKM yang bisa terhubung dengan ekosistem hotel Accor grup. Saya kira bukan semacam showcase saja, tapi ini bagi kami akan sangat bermanfaat , sangat penting untuk mempromosikan dan menaikan branding produk UMKM di jaringan hotel. Dan tentu dari pihak kamipun berkepentingan nanti untuk membantu standar kurasinya karena kami ingin bagi tamu hotel juga ini bagi hotelnya juga ini memberikan nilai tambah. Saya memberikan apresiasi dan mudah-mudahan kerja sama ini kita bisa perluas lagi.”

Garth menambahkan bahwa selain melalui kerja sama dengan berbagai pihak, dukungan kepada UMKM diberikan oleh hotel-hotel Accor di Indonesia melalui sebuah program bernama “Rediscover Indonesia” yang hadir di lebih dari 130 hotel-hotel Accor di 30 destinasi di Indonesia. Program ini menawarkan pengalaman menginap sambil menjelajahi seni dan budaya unik di Indonesia serta menikmati pengalaman lokal ikonik  dengan produk dari para pelaku UMKM yang telah dikurasi. Rediscover Indonesia memungkinkan para tamu untuk menghargai dan mencintai alam, budaya, dan adat istiadat melalui empat pilar: kuliner, seni dan budaya, kesegaran dan kesehatan, serta destinasi, serta mendukung gerakan pemerintah #DiIndonesiaAja #BanggaBuatanIndonesia #BanggaBerwisataDiIndonesia. (Icho)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,915FansLike
2,769FollowersFollow
14,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles